ANALISIS DESKRIPTIF KEPUASAN PENGGUNA E-OFFICE MENGGUNAKAN MODEL SERVQUAL (STUDI KASUS : BAPPEDA KAB. MOJOKERTO)
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia membawa perubahan dalam aspek dan tatanan kehidupan saat ini. Salah satu bukti pemanfaatan teknologi yaitu penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada lembaga pemerintahan. E-Office merupakan tata naskah dinas elektronik yang digunakan sebagai administrasi surat menyurat secara online. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui kepuasan pengguna E-Office menggunakan model servqual. Model servqual banyak digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna.Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat diketahui melalui perhitungan mean dari setiap indikator variabel mendapatkan nilai terendah yakni indikator EM6 pada variabel empathy memperoleh nilai mean terendah yakni 3,63 sedangkan untuk nilai mean tertinggi diperoleh oleh indikator AS5 pada variabel assurance yakni 4,47. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan nilai mean dari masing-masing variabel dengan nilai tertinggi diperoleh oleh variabel reliability dengan nilai mean 4,20, nilai mean tertinggi kedua diperoleh oleh variabel responsivenss dengan nilai mean 4,19. Sementara itu untuk nilai mean terendah diperoleh oleh variabel empathy dengan nilai mean sebesar 3,79. Hal ini dapat disimpulkan pengguna merasa puas dengan sistem E-Office. Dan berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa responden yang menyatakan kendala mereka selama menggunakan sistem E-Office, maka Diskominfo harus bisa mengatasi permasalahn tersebut agar dapat meningkatkan kepuasan pengguna.