RANCANG BANGUN APLIKASI GO-TRASH DENGAN METODE PROTOTYPE GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI PENGELOLAAN SAMPAH

  • Sadrakh Zefanya Putra
  • Safna Faradillah
  • Layla Mazidatus S UPN "VETERAN" JAWA TIMUR
  • Nadin Isna Monica
  • Dhian Satria Yudha Kartika
Keywords: metode prototype, aplikasi Go-Trash, pengelolaan sampah

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, masalah pengelolaan sampah merupakan suatu hal yang kerap kali kita jumpai. Sampah yang dibuang sembarangan dan tidak diolah akan menimbulkan beberapa dampak seperti, bau tidak sedap, banjir, penyakit menular, dan pencemaran lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan ini diambil sebagai studi kasus dalam penelitian untuk membuat aplikasi yang bernama Go-Trash. Metode pada penelitian ini yaitu menggunakan metode studi literatur dan penelitian kualitatif dalam prosesnya. Aplikasi Go-Trash akan dikembangkan dengan menggunakan metode prototype. Aplikasi ini akan berbasis mobile, yang
berarti dapat digunakan di platform iOS dan Android. Aplikasi berbasis mobile tersebut dipilih karena kecenderungan masyarakat Indonesia yang sering menggunakan smartphone dalam kesehariannya. Dengan begitu, aplikasi akan mudah diakses. Pembuatan aplikasi Go-Trash bertujuan untuk: 1) Mengetahui langkah-langkah pembuatan aplikasi Go-Trash; 2) Mengetahui fitur-fitur yang dapat membantu mengurangi permasalahan pengelolaan sampah di lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-05
How to Cite
Putra, S. Z., Faradillah, S., Mazidatus S, L., Monica, N. I., & Dhian Satria Yudha Kartika. (2023). RANCANG BANGUN APLIKASI GO-TRASH DENGAN METODE PROTOTYPE GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI PENGELOLAAN SAMPAH. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 50-59. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.435
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)