ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI UJIAN ONLINE SEKOLAH
Abstract
Pandemi covid-19 telah memaksa dunia pendidikan beradaptasi dengan teknologi informasi dalam menjalankan proses belajar mengajar, mulai dari menyiapkan materi pembelajaran, mencari rujukan atau sumber-sumber pembelajaran, penyampaian materi hingga proses evaluasi atau penilaian. Penerapan teknologi informasi untuk mendukung proses belajar mengajar, akan berhasil jika pihak-pihak yang terlibat mau menggunakannya. Penelitian ini mengukur penerimaan dan penggunaan aplikasi ujian sekolah online pada siswa sekolah menengah pertama menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Sebanyak 293 responden telah mengisi kuesioner. Variabel yang dievaluasi meliputi harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi serta niat menggunakan aplikasi. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa, secara umum persepsi pengguna positif terhadap aplikasi ujian sekolah online