PENGEMBANGAN PERSONAL BRANDING GEN Z - GEN ALPHA DI MEDIA SOSIAL SEBAGAI LANGKAH COMPETITIVE ADVANTAGE
Abstract
Perkembangan pesat teknologi digital menghadirkan peluang besar bagi generasi muda, terutama Gen Z dan Gen Alpha, untuk membangun personal branding melalui media sosial. Namun pada praktiknya, pemanfaatan media sosial mereka masih belum optimal, sehingga diperlukan sosialisasi dan pemahaman dini tentang cara menggunakan platform digital secara strategis untuk memenangkan keunggulan bersaing. Untuk itu melalui kegiatan pengabdian ini, dilakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada siswa SMP IT AT-TAQWA Surabaya dengan metode partisipatif dan pendekatan yang disesuaikan dengan karakteristik remaja. Hasil evaluasi melalui kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan motivasi peserta untuk mengelola personal branding secara digital, menegaskan bahwa pendekatan sosialisasi awal ini efektif dalam mendorong pembentukan citra diri positif sejak usia dini.