EVALUATION OF PERPLEXITY CHATBOT FOR INDEPENDENT LEARNING PURPOSES USING TAM AT UPN “VETERAN” JAWA TIMUR

  • Alfina Mazidatul Mufidah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Keywords: Evaluasi, Chatbot, TAM, Perplexity

Abstract

Penelitian ini membahas evaluasi penggunaan chatbot menggunakan aplikasi Perplexity untuk tujuan belajar mandiri dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) di UPN "Veteran" Jawa Timur. Penelitian ini fokus terhadap pentingnya teknologi dalam pendidikan, khususnya penggunaan kecerdasan buatan dalam proses pembelajaran. Tantangan dan solusi terkait akurasi dan respons kecerdasan buatan dievaluasi menggunakan TAM. Metodologi melibatkan penelitian kuantitatif dengan pendekatan TAM. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, perceived social presence, dan hedonic motivation memiliki pengaruh signifikan terhadap attitude toward use mahasiswa terhadap Perplexity. Namun, perceived credibility tidak signifikan. Attitude toward use juga berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention to use. Faktor-faktor seperti perceived usefulness, perceived ease of use, perceived social presence, dan hedonic motivation memainkan peran penting dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap penggunaan Perplexity untuk tujuan belajar mandiri.

Downloads

Published
2024-12-23
How to Cite
Alfina Mazidatul Mufidah. (2024). EVALUATION OF PERPLEXITY CHATBOT FOR INDEPENDENT LEARNING PURPOSES USING TAM AT UPN “VETERAN” JAWA TIMUR. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(1), 67-76. https://doi.org/10.33005/sitasi.v4i1.744
Section
Articles