EVALUATION OF PERPLEXITY CHATBOT FOR INDEPENDENT LEARNING PURPOSES USING TAM AT UPN “VETERAN” JAWA TIMUR
Abstract
Penelitian ini membahas evaluasi penggunaan chatbot menggunakan aplikasi Perplexity untuk tujuan belajar mandiri dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) di UPN "Veteran" Jawa Timur. Penelitian ini fokus terhadap pentingnya teknologi dalam pendidikan, khususnya penggunaan kecerdasan buatan dalam proses pembelajaran. Tantangan dan solusi terkait akurasi dan respons kecerdasan buatan dievaluasi menggunakan TAM. Metodologi melibatkan penelitian kuantitatif dengan pendekatan TAM. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, perceived social presence, dan hedonic motivation memiliki pengaruh signifikan terhadap attitude toward use mahasiswa terhadap Perplexity. Namun, perceived credibility tidak signifikan. Attitude toward use juga berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention to use. Faktor-faktor seperti perceived usefulness, perceived ease of use, perceived social presence, dan hedonic motivation memainkan peran penting dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap penggunaan Perplexity untuk tujuan belajar mandiri.