Tinjauan Literatur Sistematis: Pengaruh Penggunaan ChatGPT dalam Proses Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran, dengan fokus pada tiga pertanyaan penelitian utama: (1) Bagaimana penggunaan ChatGPT memengaruhi proses pembelajaran? (2) Apa persepsi pengguna terhadap penggunaan ChatGPT sebagai alat bantu pembelajaran? (3) Apa saja batasan ChatGPT yang dapat menghambat efektivitasnya dalam mendukung proses pembelajaran? Metode penelitian systematic literature review terhadap artikel jurnal maupun prosiding konferensi yang berhubungan dengan penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran akan digunakan untuk menjawab 3 pertanyaan penelitian utama. Hasil penelitian dari 27 artikel penelitian selama kurun waktu tahun 2022 - 2024 yang tergabung dari artikel jurnal dan prosiding konferensi menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT dapat meningkatkan keterlibatan dan kemampuan pemecahan masalah pengguna dalam pembelajaran, meskipun terdapat beberapa batasan seperti keterbatasan konteks dan kemampuan dalam memberikan umpan balik mendalam. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan ChatGPT dapat menjadi alat bantu yang berguna dalam pembelajaran, namun perlu memperhatikan batasan-batasan yang ada untuk memaksimalkan manfaatnya. Peneliti berharap bahwa penelitian ini mampu menjadi pijakan untuk penelitian selanjutnya dalam memperdalam pengaruh penggunaan ChatGPT dalam konteks pembelajaran.