ANALISIS KEBUTUHAN DIMENSI E-GOVQUAL SEBAGAI PENGUKURAN E-GOVERNMENT: LITERATURE REVIEW
Abstract
E-Government mulai banyak diterapkan pada instansi pemerintahan di Indonesia untuk mendukung jalannya aktivitas-aktivitas pemerintah. Aktivitas pemerintah meliputi aktivitas antar instansi dan pelayanan publik. Pengukuran layanan E-Government diperlukan untuk mengetahui baik tidaknya suatu layanan tersebut. Dalam melakukan pengukuran dibutuhkan dimensi-dimensi yang tepat agar pengukuran dapat dilakukan dengan efektif dan efisien sehingga dapat menghasilkan nilai yang akurat. Pemilihan dimensi tersebut didasari oleh jenis E-Government yang diterapkan. Analisis dalam kebutuhan dimensi E-GovQual untuk mengukur E-Government menggunakan metode systematic literature review. Hasil yang didapatkan adalah penelitian E-Government jenis G2G memiliki pola yang serupa yaitu menggunakan dimensi easy of use, trust, reliability, functionality of interaction environment, content and appearance of information, dan citizen support. Sedangkan E-Government jenis G2C memiliki kesamaan yaitu menggunakan dimensi trust, reliability, citizen support, efisiensi lalu menggunakan tambahan dimensi kepuasan pengguna, efektifitas, dan kualitas sistem.