ANALISIS KEBUTUHAN DIMENSI E-GOVQUAL SEBAGAI PENGUKURAN E-GOVERNMENT: LITERATURE REVIEW

  • Helmy Kurniawan UPNV Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Indira Setia A Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Clariza Risanti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Rivaldo Hadi Winata Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa Timur

Abstract

E-Government mulai banyak diterapkan pada instansi pemerintahan di Indonesia untuk mendukung jalannya aktivitas-aktivitas pemerintah. Aktivitas pemerintah meliputi aktivitas antar instansi dan pelayanan publik. Pengukuran layanan E-Government diperlukan untuk mengetahui baik tidaknya suatu layanan tersebut. Dalam melakukan pengukuran dibutuhkan dimensi-dimensi yang tepat agar pengukuran dapat dilakukan dengan efektif dan efisien sehingga dapat menghasilkan nilai yang akurat. Pemilihan dimensi tersebut didasari oleh jenis E-Government yang diterapkan. Analisis dalam kebutuhan dimensi E-GovQual untuk mengukur E-Government menggunakan metode systematic literature review. Hasil yang didapatkan adalah penelitian E-Government jenis G2G memiliki pola yang serupa yaitu menggunakan dimensi easy of use, trust, reliability, functionality of interaction environment, content and appearance of information, dan citizen support. Sedangkan E-Government jenis G2C memiliki kesamaan yaitu menggunakan dimensi trust, reliability, citizen support, efisiensi lalu menggunakan tambahan dimensi kepuasan pengguna, efektifitas, dan kualitas sistem.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-02
How to Cite
Kurniawan, H., Setia A, I., Risanti, C., & Hadi Winata, R. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN DIMENSI E-GOVQUAL SEBAGAI PENGUKURAN E-GOVERNMENT: LITERATURE REVIEW. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 69-76. https://doi.org/10.33005/sitasi.v1i1.65
Section
Articles