ANALISIS NIAT PERILAKU PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI SURABAYA MENGGUNAKAN UTAUT-2
Abstract
Perkembangan teknologi informasi menjadikan penggunaan internet seolah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat salah satunya pada perekonomian yaitu dalam bentuk e–commerce. Minat beli pada e-commerce semakin berkembang menyebabkan e-commerce semakin menjamur di Indonesia. Sehingga membuat setiap platform e-commerce berusaha mengerahkan strategi terbaik untuk meningkatkan penjualan baik dari segi tampilan, harga atau aspek lainnya. Adapun salah satu dari sekian banyaknya e-commerce di Indonesia yang memiliki pengunjung terbanyak adalah Tokopedia. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui faktor penting apa saja yang berpengaruh terhadap niat penggunaan Tokopedia melalui metode UTAUT-2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah sampling dari kuesioner dengan total 130 responden yang berdomisili di Surabaya. Pada hasil penelitian diketahui bahwa pengaruh sosial dan kebiasaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku pengguna dalam menggunakan aplikasi Tokopedia.