ANALISIS PENGUKURAN FAKTOR ADOPSI TEKNOLOGI E-COMMERCE PADA PELAKU UMKM MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOE

  • Nabila Athifah Zahra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Amalia Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Ismiazzah Kamilah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Nur Racana Kuslaila Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Keywords: TOE framework, UMKM, shopee

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan untuk mendukung sistem penjualan online yakni E-Commerce. Salah satu e-commerce yang digemari masyarakat adalah Shopee. Dalam kurun waktu beberapa tahun jumlah pengguna Shopee di Indonesia mencapai angka 50 juta pengguna. Namun, berdasarkan data Asosiasi E-Commerce Indonesia, masih terdapat gap sebesar 20% pelaku UMKM yang belum terdigitalisasi. Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui dan mengukur faktor adopsi teknologi e-commerce Shopee terhadap pelaku  UMKM. Adapun metode yang digunakan sebagai  acuan dalam pengukuran adopsi e-commerce yaitu menggunakan model ukur teknologi, organisasi, lingkungan, dan individu atau dikenal dengan model ukur TOE (Technology Organization Environment). Penelitian ini menggunakan teknik sampling dengan total responden sebesar 100 pelaku UMKM yang menggunakan shopee merchant di Surabaya. Setelah dilakukan pembersihan data, uji validitas, realibilitas, dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa keempat variabel memiliki pengaruh positif terhadap adopsi  e-commerce namun tidak signifikan karena nilai p-value didapatkan lebih besar dari 0.05Nilai tidak signifikan bisa disebabkan karena masih terdapat variabel lain yang menjadi faktor determinan adopsi e-commerce. Hal ini diperkuat dengan  hasil determinasi sebesar 0.340 yang menunjukkan bahwa variabel teknologi, organisasi, dan lingkungan dapat menjelaskan variabel dependen adopsi e-commerce sebesar 34% dan 66% sisa nya merupakan kontribusi dari faktor selain penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-04
How to Cite
Zahra, N. A., Putri, A., Kamilah, I., & Kuslaila, N. R. (2023). ANALISIS PENGUKURAN FAKTOR ADOPSI TEKNOLOGI E-COMMERCE PADA PELAKU UMKM MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOE. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 12-20. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.558
Section
Articles