ANALISIS FAKTOR PENGARUH MINAT MAHASISWA UPN VETERAN JAWA TIMUR DALAM PENGGUNAAN QRIS
Abstract
Sistem pembayaran digital memberikan opsi tambahan pembayaran bagi masyarakat ketika melakukan transaksi sehari-hari. QRIS merupakan produk non tunai yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia sebagai sistem pembayaran digital berbasis kode QR yang dapat digunakan di berbagai vendor. QRIS menawarkan pembayaran non tunai secara universal, dimana sistem tersebut dapat digunakan di berbagai vendor. Sebagai salah satu produk dari pembayaran digital, tidak sedikit juga masyarakat yang belum mengetahui dan belum memanfaatkan sistem pembayaran digital tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Terdapat empat variabel digunakan dalam model pada artikel ini yaitu persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko, dan persepsi minat. Sebuah kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan Google form digunakan untuk mengumpulkan total 167 jawaban dari partisipan. Data akan dianalisis dengan PLS-SEM, atau Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi minat dengan nilai original sample sebesar 0.439 dan nilai p values sebesar 0.000, persepsi kemudahan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap persepsi minat dengan nilai original sample sebesar 0.167 dan nilai p values sebesar 0.133, persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi minat dengan nilai original sample sebesar -0.190 dan nilai p values sebesar 0.005.