IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKAN PENJUALAN PRODUK PADA ONLINE SHOP TOKO GIZI
Abstract
Pengusaha bisnis terutama yang berjualan di Online Shop tentunya memiliki target penjualan dan transaksi dalam jumlah besar pada umumnya, maka dari itu Toko Gizi yang berjualan di salah satu e-commerce merupakan perusahaan yang berjualan di bidang Kebutuhan Susu, Obat, dan sebagainya, memiliki sebuah permasalahan dimana stok produk yang berputar sangat cepat mengakibatkan seringkali pesanan harus ditunda dikarenakan ketersediaan barang yang kerap kali kosong, Toko Gizi memiliki riwayat transaksi yang berisi banyaknya penjualan dan transaksi, dimana nantinya data tersebut dapat digunakan dalam Data Mining untuk melihat perputaran barang dari yang kurang diminati hingga sangat diminati, yang harapannya dapat digunakan untuk Toko Gizi dalam mempersiapkan stok barang yang disesuaikan dari penjualan dalam rentang waktu tertentu. Penelitian Data Mining yang kami gunakan yakni clustering yang merupakan metode digunakan untuk mengetahui tingkat penjualan berdasarkan terbentuknya cluster. Algoritma K-Means ini juga cocok digunakan untuk mengatur riwayat data pembelian dan penjualan karena implementasinya yang efisien, tidak perlu memakan banyak waktu serta penerapannya cukup mudah dibandingkan teknik clustering lainnya. Dari penelitian yang sudah dilakukan telah didapatkan hasil dari metode Clustering algoritma K-Means yang menunjukkan bahwa dari 41 jenis data penjualan dan transaksi yang dilakukan dari bulan April hingga Mei 2022 menghasilkan 3 cluster yaitu sangat diminati(3), cukup diminati(2) dan kurang diminati(1). Dimana dari beberapa cluster tersebut menunjukkan bahwa cluster pertama terdapat 5 barang, cluster kedua terdapat 5 barang dan cluster ketiga terdapat 1 barang.
Kata kunci: Online Shop, Clustering, K-Means, Data Mining, e-Commerce.