ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SIKDA MENGGUNAKAN FRAMEWORK PIECES DI DINKES SIDOARJO

  • Hasan Nur
  • Fariza Nanda Sabila
  • Rizka Hadiwiyanti
Keywords: sistem, evaluasi, PIECES

Abstract

Penggunaan sistem pada sebuah instansi harus memerlukan sebuah penanganan dan pengelolaan khusus. Bidang kesehatan juga memerlukan teknologi dalam penerapannya guna membantu pekerjaan sumber daya manusia agar lebih baik. Sistem harus diperhatikan secara teliti dan benar agar sistem yang dijalankan dapat berjalan sesuai tujuan dan kebutuhan. Sebuah sistem harus diperhatikan dari berbagai aspek mulai dari perencanaan, perawatan, hingga kinerja dari suatu sistem. Dalam sebuah sistem membutuhkan perangkat lunak, perangkat keras, hingga pengguna, dimana setiap kegiatan yang dilakukan selalu berhubungan. Untuk menentukan apakah sistem tersebut berjalan dengan baik maka diperlukan tahap evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem yang diterapkan. Analisis ini juga dipergunakan untuk menilai kekurangan ataupun masalah yang dihadapi dalam penerapan sistem tersebut. Framework PIECES adalah salah satu kerangka kerja yang dapat digunakan untuk menganalisis sebuah sistem. Cakupan analisis dari framework ini yaitu : performa, informasi, efisiensi, kontrol dan keamanan, ekonomis, dan pelayanan. Hasil dari analisis ini dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan tingkat kepuasan pengguna dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap sistem.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-01
How to Cite
Nur, H., Fariza Nanda Sabila, & Rizka Hadiwiyanti. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SIKDA MENGGUNAKAN FRAMEWORK PIECES DI DINKES SIDOARJO. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.33005/sitasi.v1i1.3
Section
Articles