EVALUASI TINGKAT KEMATANGAN IT PADA SMA XYZ SURABAYA MENGGUNAKAN COBIT 4.1
Abstract
Era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini membuat sektor bisnis saling berupaya untuk meningkatkan teknologi informasi yang tepat agar mampu bersaing dengan para kompetitornya. SMA XYZ Surabaya merupakan salah satu bagian dari sektor pendidikan yang baru menerapkan teknologi informasi terintegrasi pada setiap proses bisnisnya meliputi proses pembelian formulir bagi calon siswa, pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), absensi guru dan siswa, serta penggunaan e-Rapor. Penerapan teknologi informasi terintegrasi di sekolah tentu diperlukan adanya analisis mengenai tingkat kematangan yang digunakan untuk mengukur kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan teknologi informasi ini. Dalam melakukan penelitian, metode yang digunakan adalah penerapan dari standar ruang kerja COBIT 4.1 tepatnya pada business goal nomor 14. Kemudian dalam mengumpulkan data, penelitian dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan pihak yang bersangkutan secara langsung di lokasi SMA. Dari dilakukannya perhitungan indeks nilai mendapat hasil bahwa tingkat kematangan SMA XYZ Surabaya menggunakan sub-domain PO1, PO2, PO4, dan AI1 adalah sebesar 1.49 atau pada level initial ad-hoc yang memiliki arti bahwa SMA sudah mengetahui permasalahan dan solusi perbaikannya, namun belum terdapat proses standar yang menjadi acuan serta dalam mengelola proses belum terorganisasi dengan baik. Sehingga diperlukan suatu rekomendasi untuk mendukung kesiapan dari pihak manajemen dalam mengelola dan meningkatkan keefektifan teknologi informasi di SMA agar memiliki keselarasan dengan tujuan bisnis.