ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI TOKO ONLINE PADA KOMENTAR AKUN INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL
Abstract
Meningkatnya pengguna media sosial mendorong orang-orang untuk membuka toko online. Luasnya jejaring media sosial memudahkan toko online untuk mencari pasar dan melakukan promosi. Salah satu bentuk promosi di media sosial adalah promosi melalui kolom komentar pada media sosial influencer. Penelitian ini berfokus bagaimana pengaruh berkomentar pada media sosial influencer terhadap toko online dan bagaimana tanggapan dari pengguna media sosial mengenai metode promosi tersebut. Metode penelitian menggunakan survei kepada 25 responden pemilik toko online dan 60 responden pengguna media sosial dengan pendekatan Attention, Interest, Desire, Action (AIDA). Hasil survei dianalisis untuk melihat keefektifan metode promosi dalam menaikkan jumlah penjualan dan melihat tanggapan dari pengguna media sosial terhadap metode promosi toko online. Berdasarkan hasil survei menunjukkan komentar pada media sosial influencer dapat menarik pengguna sosial dan efektif dalam melakukan promosi toko online.