ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI TOKO ONLINE PADA KOMENTAR AKUN INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL

  • Putri Aliya Nabila Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Rifqi Luthfiansyah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Ahmad Faykar Fasya Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Tri Puspa Rinjeni Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Nur Aini Rakhmawati Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Keywords: Promotion, Social Media, Influencer, AIDA

Abstract

Meningkatnya pengguna media sosial mendorong orang-orang untuk membuka toko online. Luasnya jejaring media sosial memudahkan toko online untuk mencari pasar dan melakukan promosi. Salah satu bentuk promosi di media sosial adalah promosi melalui kolom komentar pada media sosial influencer. Penelitian ini berfokus bagaimana pengaruh berkomentar pada media sosial influencer terhadap toko online dan bagaimana tanggapan dari pengguna media sosial mengenai metode promosi tersebut. Metode penelitian menggunakan survei kepada 25 responden pemilik toko online dan 60 responden pengguna media sosial dengan pendekatan Attention, Interest, Desire, Action (AIDA). Hasil survei dianalisis untuk melihat keefektifan metode promosi dalam menaikkan jumlah penjualan dan melihat tanggapan dari pengguna media sosial terhadap metode promosi toko online. Berdasarkan hasil survei menunjukkan komentar pada media sosial influencer dapat menarik pengguna sosial dan efektif dalam melakukan promosi toko online.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-02
How to Cite
Aliya Nabila, P., Luthfiansyah, R., Faykar Fasya , A., Puspa Rinjeni, T., & Aini Rakhmawati, N. (2022). ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI TOKO ONLINE PADA KOMENTAR AKUN INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 30-37. https://doi.org/10.33005/sitasi.v1i1.15
Section
Articles