ANALISIS PERANAN MODEL WATERFALL DALAM BISNIS APLIKASI E – COMMERCE

ANALYSIS OF THE ROLE OF WATERFALL MODELS IN E-COMMERCE BUSINESS

  • Ayu Fakhira Ardini Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Eliezer M Putra Sianturi Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ratih Aisyah Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: SDLC, E-Commerce, Waterfall

Abstract

Terdapat banyak model SDLC (Siklus hidup pengembangan perangkat lunak), salah satunya adalah model Waterfall yang terdiri dari lima tahapan yang harus dilakukan secara berurutan untuk memecahkan permasalahan dalam membangun perangkat lunak. Namun, SDLC sistem perangkat lunak selalu akan mengalami hambatan dengan keterbatasan waktu dan biaya anggaran yang mengakibatkan pemborosan biaya dan jadwal yang sangat signifikan, pengiriman yang tidak sesuai dengan perencanaan atau ditangguhkan, yang mengakibatkan klien yang tidak puas. Alasan utama untuk kekurangan ini adalah bahwa direktur proyek tidak secara bijaksana menetapkan jumlah pekerja dan sumber daya yang diperlukan pada berbagai kegiatan SDLC. Akibatnya, beberapa fase SDLC dengan sumber daya yang tidak mencukupi mungkin tertunda; sementara, yang lain dengan kelebihan sumber daya mungkin menganggur, menyebabkan kemacetan antara kedatangan dan pengiriman proyek dan kegagalan dalam memberikan produk operasional tepat waktu dan sesuai anggaran. Makalah ini mengusulkan model simulasi untuk proses pengembangan Waterfall yang berperan untuk membantu manajer proyek dalam menentukan bagaimana mencapai produktivitas maksimum dengan pemanfaatan e-commerce. Ini membantu memaksimalkan pemanfaatan proses pengembangan dengan tujuan memudahkan proses bisnis e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-02
How to Cite
Fakhira Ardini, A., Sianturi, E. M. P., & Aisyah, R. (2022). ANALISIS PERANAN MODEL WATERFALL DALAM BISNIS APLIKASI E – COMMERCE: ANALYSIS OF THE ROLE OF WATERFALL MODELS IN E-COMMERCE BUSINESS. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 208-213. https://doi.org/10.33005/sitasi.v1i1.149
Section
Articles