MEMBANGUN CITRA PRODUK DI SOSIAL MEDIA MENGGUNAKAN METODE DESAIN NILAI SENSITIF
PRODUCT BRANDING IN SOCIAL MEDIA USING VALUE SENSITIVE DESIGN METHOD
Abstract
Perkembangan teknologi kian taun makin mengalami peningkatan yang sangat cepat. Berbagai macam platform media social pun bermunculan. Sosial media sendiri apabila digunakan dengan baik adan benar akan memberikan dampak yang baik untuk diri kita. Salah satunya dengan membangun citra, baik citra produk ataupun citra personal. Terlebih pada saat ini social media menjadi sangat populer. Memanfaatkan sosial media untuk branding memang menjadi sebuah bagian yang sangat mudah. Namun mudahnya menggunakan sosial media untuk branding juga bisa menjadi hal yang buruk apa bila kita salah langkah dalam membangun citra atau branding produk. Ada kalanya pada proses branding ternyata tidak sesuai dengan pasar, sehingga kemudian menurukan nilai dari produk itu sendiri Perlunya sebuah metode agar proses branding lebih jelas dan tepat sasaran. Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah dengan The Tripartite Methodology: Conceptual, Empirical, and Technical Investigations di Desain Nilai Sensitive. Metode ini dapat membantu untuk membuat konsep branding sebuah produk agar dapat tepat sasaran dan tersampaikan kepada para segmen pasarnya.