ANALISIS PRIVASI DATA PENGGUNA DALAM INSTANSI BPJS KESEHATAN
Abstract
Data menjadi hal yang sangat penting karena menyangkut informasi yang berisikan fakta fakta didalamnya. Kebocoran data pada sebuah instansi maupun perusahaan akan menimbulkan kerugian pada instansi tersebut maka dari itu beberapa perusahaan telah melakukan investasi yang besar dibilang keamanan sebagai langkah awal pengamanan dan perlindungan data. Kasus kebocoran data yang terjadi di BPJS Kesehatan menimbulkan banyak kontroversi pasalnya terdapat lebih dari 80% warga Indonesia merupakan pengguna BPJS Kesehatan. Maka dari itu kami ingin mengulas lebih lanjut terkait keamanan dan privasi data pengguna pada BPJS Kesehatan dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana etika perlindungan data pelanggan pada BPJS Kesehatan dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Kami menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menganalisa tiga bagian dari privasi yaitu Informational, Accessibility, dan Expressive. Hasil dari penelitian ini adalah perlindungan terhadap privasi yang ada pada BPJS dan regulasi pemerintah tentang hal ini belum dapat dikatakan baik.