PERAN E-COMMERCE SEBAGAI SOLUSI DI MASA PANDEMI COVID-19
THE ROLE OF E-COMMERCE AS A SOLUTION IN THE TIME OF THE COVID-19 PANDEMIC
Abstract
Wabah virus Covid-19 yang menyebar mengakibatkan pemerintah Indonesia memberlakukan pembatasan sosial dan PSBB yang menyebabkan masyarakat sulit untuk melakukan kegiatan di luar rumah dan tertutupnya akses masyarakat untuk mendapatkan pemasukan guna memenuhi kebutuhan atau hanya sekedar membeli kebutuhan. Sebaliknya, E-Commerce justru berkembang pesat di Indonesia pada masa pandemi. Kemajuan teknologi semakin berkembang seiring perkembangan zaman, penggunaan teknologi E-Commerce menjadi pilihan Sebagian besar pelaku bisnis UMKM untuk mempertahankan bisnis mereka di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan atau perkembangan dari penggunaan E-Commerce pada saat pandemi berlangsung dengan melalui analisis beberapa data sekunder yang telah diperoleh. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa bisnis E-Commerce di Indonesia meningkat hingga Rp 266,3 triliun pada 2020 dan akan diperkirakan meningkat tiap tahunnya, karena pademi covid-19 memberikan potensi besar bagi E-Commerce untuk tumbuh pesat khususnya di Indonesia. Peningkatan atau perkembangan pada penggunaan E-Commerce pada masa pandemi dapat dianalisa memiliki potensi mempengaruhi kelangsungan bisnis E-Commerce kedepannya.